Sabtu, 10 April 2010

analisis strategi penjualan



Menggali Keunikan dan Keunggulan Produk.

sumber : http://customerladder.com

Baru-baru ini milis wirausaha TDA (Tangan Di Atas) menggelar sayembara karya tulis kecil-kecilan bertajuk “Gali Keunikan Usaha Anda”. Anggota milis ini, yang semuanya sudah memiliki usaha sendiri, didaulat mensharing ide-ide pengembangan produk dan usaha yang Unik.
Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa di Indonesia, masih belum banyak pengusaha yang bisa GO International? Padahal kalau kita lihat, maraknya bisnis-bisnis franchise asing yang masuk Indonesia –selalu amat laris bak kacang goreng– konsep mereka kebanyakan sebenarnya simple dan tak terlalu ‘excellent’ maupun beda.
Semalam saya juga sempat berbagi wawasan dan sharing seputar topik Marketing Gerilya di hadapan rekan-rekan anggota komunitas wirausaha di Surabaya. Dan memang, di setiap kali kesempatan saya diundang dan diminta sharing tentang marketing gerilya - saya selalu menekankan sharing saya pada aspek fondasi penerapan marketing gerilya –> yaitu Positioning dan keunikan produk.
Dan belum apa-apa rata-rata peserta keberatan mengapa saya tidak langsung memaparkan bahasan saya straight to the point. Mengapa saya harus bertele-tele terlebih dahulu mengulas panjang lebar tentang pentingnya ‘keunikan produk’ dan fokus pada ceruk pasar (niche).
Saya lagi-lagi harus menemui sindroma ‘pragmatis’ dan ‘instan’ pengusaha Indonesia.
Andai mereka tahu bahwa tanpa fondasi Marketing Gerilya berupa fokus pada pasar niche dan keunikan daya saing, tingkat kegagalan Marketing Gerilya sangat besar. Seagresif apapun senjata marketing gerilya yang kita pakai, akan bila target konsumen mempersepsi tidak ada yang luar biasa pada produk Anda.
Mungkinkah karena mayoritas pengusaha kita adalah orang malas?
Yang rata-rata selalu mencari “the easy way out”?
Kita kurang berani mengeksplore, malas meluangkan waktu untuk melakukan riset. Kita kebanyakan malas untuk belajar.
Masalah kebanyakan dari pengusaha kita adalah lemah di kreativitas.
Amat disayangkan belum banyak pelaku usaha menyadari pentingnya faktor “Keunikan” produk dan layanan. Merupakan modal utama keberlangsungan usaha dan menjadi senjata utama kita dalam menghadapi persaingan sengit usaha.
Bahkan ketika kita sudah berhasil menjadi yang paling unik dan menjadi pionir, yang pertama di bidang kita. Tak lama kemudian biasanya langsung banyak bermunculan pesaing baru yang mengekor menawarkan produk dan layanan serupa, sama persis dengan kita.
Bila tak ingin tergilas oleh persaingan, inovasi dan strategi pengembangan produk untuk menghasilkan produk unik menjadi andalan utama bertahan menghadapi gempuran pesaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar