Sabtu, 10 April 2010

Grand Strategi

Rata Penuh

"Grand Strategi” Kerjasama Bahari Kab/Kota di Pantai Barat Sumatera

Sumber : hariansib.com

Walikota Bengkulu Prop H Ahmad Kanedi SH MH mengajak Kabupaten/Kota di daerah Pantai Barat Sumatera memfokuskan pembangunan ke sektor bahari mengingat potensi laut yang tersedia sangat besar namun belum dimanfaatkan secara maksimal.
“Sektor bahari Indonesia sangat kaya dan sudah saatnya Kab/Kota yang ada di wilayah pinggir pantai seperti kawasan Pantai Barat Sumatera menggali secara maksimal potensi laut sehingga perlu diprakarsai “grand strategi” kerjasama antara Kab/Kota yang ada di Pantai Barat,” katanya didampingi Wakil Walikota Bengkulu H Edison Simbolon SSos dan Sekda Kota Bengkulu Drs H Firdaus Rosid menjawab wartawan di sela-sela acara penyambutan rombongan Pemko Bengkulu di pendopo rumah dinas Walikota di Jalan Dr FL Tobing Sibolga.
Menurutnya, kerjasama yang bisa dijalin antara daerah tersebut meliputi eksploitasi potensi masing-masing termasuk menggabungkan kekuatan ekonomi yang ada sehingga secara bersama-sama Kab/Kota yang terkait bisa memetik untung untuk daerah masing-masing.
“Kota Bengkulu siap memprakarsai dan bila Kota Sibolga tidak keberatan menjadi tuan rumah untuk pertemuan, bisa segera dilakukan dengan cara menghimpun semua Kab/Kota mulai dari Lampung hingga Aceh,” tawarnya seraya menambahkan, potensi andalan bahari di Pantai Barat Sumatera seperti lobster dan ikan tuna belum tersentuh bahkan menjadi “sumber” pencurian ikan oleh kapal-kapal asing.
Potensi agraria saat ini banyak kendalanya seperti adanya hutan lindung, hak wilayah dan kawasan paru-paru dunia bahkan muaranya sudah sangat terbatas tetapi lain halnya dengan potensi bahari sangat banyak dengan jumlah yang besar.
Ia menambahkan, kehadiran rombongan di Sibolga dalam rangka Kunker ke Kab/Kota di Pantai Barat Sumatera guna menjejaki kemungkinan terjalinnya kerjasama di sektor bahari. Walikota ini juga secara spontan memuji kebersihan kota Sibolga seraya bertanya apa resepnya bisa membuat kota Sibolga menjadi bersih.
Pada kesempatan itu Walikota Bengkulu beserta Wakil Walikota dan Sekda didampingi istri masing-masing diulosi oleh Wakil Walikota Sibolga H Afifi Lubis SH beserta ibu, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Meida Hutagalung, Sekda Kota Sibolga Drs H Dahwir Nasution dan Asisten Marhal Manik.
Sebelumnya, Afifi dalam sambutannya menjelaskan, Kota Sibolga dijuluki “negeri berbilang kaum” karena banyak dihuni oleh penduduk yang beragam etnis, suku dan agama namun tetap hidup berdampingan dengan rukun dan damai.
Pemko Sibolga bekerjasama dengan masyarakat luas saling mendukung dalam rangka memajukan perekonomian rakyat termasuk roda pembangunan untuk keindahan dan kebersihan kota yang arahnya guna pembangunan daerah. “Walikota Sibolga Drs Sahat P Panggabean MM titip salam kepada rombongan dan mohon maaf karena tidak bisa secara langsung menemani mengingat proses pengobatan yang sedang dijalani,” katanya seraya memastikan dalam waktu dekat Sibolga juga akan melakukan kunjungan serupa ke Bengkulu sebagai tindak lanjut atas prakarsa “grand strategi” kerjasama antar Kab/Kota di Pantai Barat Sumatera.
Penyambutan tersebut diawali dengan sarapan bersama yang diikuti rombongan dari Bengkulu mencapai 53 orang terdiri dari pimpinan dan staff SKPD di lingkungan pemerintahan kedua daerah.
Dikabarkan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Parapat dan selanjutnya bertolak ke arah Pekanbaru Prop Riau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar